Dosen Pembuat Pusing!

Tugas dosen selain mengajar adalah membimbing mahasiswa. Bimbingan itu biasanya sering terjadi ketika mahasiswa akan menyelesaikan tugas akhir didalam perkuliahan, yaitu skripsi. Tidak semua dosen berprilaku baik, ada juga dosen yang mempunyai etika buruk dengan meminta sesuatu kepada mahasiswa dikarenakan “suatu hal” yang dijadikan sebagai imbalan telah membimbing mahasiswa.

Dosen yang mempunyai sk PNS mungkin sudah digaji oleh pemerintah, namun nyatanya dilapangan ada saja dosen yang masih kekurangan perhatian dengan cara meminta sesuatu kepada mahasiswa dalam beragam bentuk alasan.

Semoga kedepannya ada unit pelayanan untuk melaporkan kasus dosen semacam ini tanpa mendiskriminasi mahasiswa.

Faisal fm

Gambar : geralt/pixabay.com

Iklan

Gnothe Seauton

Mungkin diantara kita semua, masih ada beberapa orang yang belum mengenal dirinya sendiri. Terlebih jika kita berbicara dalam konteks potensi pengembangan diri. Banyak orang yang tergolong buta dengan segala kemampuan terpendam. Tidak heran kita sering melihat ada orang yang mempunyai pekerjaan, namun pekerjaan tersebut bukan merupakan bidangnya sendiri.

Gnothe seauton” merupakan sebuah tulisan di pintu gerbang candi Athena, yang mempunyai arti “kenalilah dirimu sendiri”. Ada beberapa dari kita yang mungkin saja sudah mengenal dirinya sendiri sehingga dia selalu mengontrol prilaku untuk tetap berada pada batasan-batasan yang menurutnya baik.
Saya memiliki contoh. Misalkan kalian terkena flu, apa yang kalian kerjakan?. Pasti diantara kalian ada saja yang mencari cara untuk menyembuhkan penyakit ini dengan meminum obat, misalnya. Jika kalian sudah sembuh dari penyakit flu tersebut. lantas kalian akan melupakan penyakit itu karena merasa tubuh kalian sudah enakan. Sangat sedikit kemauan dari kalian untuk mencari tahu penyebabnya dan berusaha untuk menghindarinya. Inilah sedikit contoh menurut saya.
Dalam contoh penyakit flu tersebut. jika kita sudah mengenal diri kita dengan baik. Maka, secara tidak langsung ketika penyakit itu datang lagi, kita sudah tahu cara menyembuhkannya dalam rentang waktu penyembuhan yang sesingkat-singkatnya. Mengapa demikian?. Karena jika kita sudah mengenal diri kita dengan baik, maka penyakit flu tersebut dapat dihilangkan dengan waktu yang cepat dikarenakan kemampuan pengendalian yang tepat akurat, serta pengalaman.
Energy fisik dan batin. Ya, manusia memang memiliki kedua energy ini dikarenakan adanya perasaan yang dianugerahkan oleh Tuhan. Sudah selayaknya sebagai makhluk hidup yang bernama manusia kita wajib mengenal kemampuan fisik dan batin kita yang seperti apa. Jika kita mengasah kemampuan tersebut, otomatis kita akan ahli dibidangnya. maka dari itu.

Kenalilah dirimu sendiri.

Salam faisal fm

Gambar: pixabay

Konsep Waktu

Konsep waktu Monokronik dan polikronik

Tahukah anda konsep waktu polikronik dan monokronik?

Edward T. Hall dalam bukunya “beyond culture” halaman 14, membedakan konsep waktu dengan dua bagian, yaitu waktu monokronik (M) dan waktu polikronik (P).

Polikronik ialah orang yang menganut dan memandang, kalau waktu sebagai putaran yang akan kembali lagi. Menurut saya banyak orang Indonesia pada umumnya menganut sistem waktu polikronik ini, kenapa?,

Anggapan kita sehari-hari, waktu itu ialah sesuatu yang bisa kita kita perbaiki di lain kesempatan, sebagai contoh, seorang pelajar yang diberi tugas oleh gurunya, dan tugas tersebut dikumpul minggu depan, banyak diantara mereka yang akan menunda untuk mengerjakan hal itu diwaktu yang dekat, namun mereka cendrung mengerjakan hal itu ketika waktu mulai mepet, hasilnya tidak akan optimal, kita akan mengerjakan tugas itu dengan tergesa-gesa secepat kilat.

Polikronik juga cendrung dengan orang dengan tipe pemikiran yang santai,”santai aja broo” konsep waktu polikronik ini banyak kita jumpai ketika mahasiswa jalan dengan santai, berbeda ketika kita melihat mahasiswa di amerika, yang mayoritas menganut konsep monokronik, bahkan mereka menaiki skateboard, sepatu roda di areal kampus untuk mengejar jam kuliah dikarenakan mereka menghargai waktu, kalau kita sendiri, skateboard identic dengan gaya anakmuda masa kini.

Monokronik ialah orang yang percaya akan konsep waktu yang berjalan lurus dari masa silam kemasa depan dan memperlakukan waktu dengan sebaik mungkin.

Penganut konsep monokronik ini cendrung dengan konsep menghargai waktu dan tidak ingin melewatkan waktu dengan sia-sia, semua orang yang rata-rata menganut system ini adalah mayoritas orang eropa, mereka tidak menginginkan kalau waktu mereka terbuang dengan sia-sia dengan hal yang sepele dan tidak berguna, mereka mempergunakan waktu mereka sebaik mungkin, itulah konsep monokronik yang sebagian kecil juga sudah diterapkan di Indonesia dikalangan pebisnis.

Pentingnya kita tahu kedua konsep ini , sebagai pedoman untuk memilih konsep mana yang akan kita anut sebagai keyakinan untuk menjalani waktu kita sehari-hari, agar waktu kita tidak terbuang dengan sia-sia,

Ingat, bahwa umur itu sebentar, tidak lama. Pergunakan waktu semaksimal mungkin. Terima kasih.

Medan, faisal fm

Kutipan: buku “ilmu komunikasi” oleh Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D.
Buku “ beyond culture” oleh Edward T. Hall

Ciri-ciri penulis menurut saya

Selamat malam kawan-kawan, ibu-ibu, bapak-bapak, semua pembaca dan penikmat seni tulisan saya. Kali ini saya akan membuat sebuah tulisan yang berkenaan dengan ciri-ciri penulis menurut versi saya sendiri, dan ini bukan menurut para ahli. Ingat, ini bukan menurut para ahli.

Ciri-ciri penulis yang pertama menurut saya adalah:

  • Suka Membaca dan mengutak-atik buku.

Membaca dapat menyebabkan gangguan ingatan yang semakin banyak kita membaca, maka semakin banyak kita lupa. Namun sebaliknya, jika kita tidak membaca maka kita tidak tahu apa-apa. Sampai disini paham?. Bagi yang belum , Bilang saja paham. Membaca merupakan kegiatan yang mampu menghibur diri sendiri melalui rangsangan kosakata yang masuk kedalam isi otak kepala kita. Pilihan anda juga bisa bermacam-macam. Bisa membaca buku keras dan lembut. Maksud keras disini ialah pembahasan yang dikaji didalam buku yang merupakan karya tulis tangan professor jenius. Terserah anda mau membaca buku apa. Buku hiburan, novel, Koran, baca buku mantra pun boleh. Hahahahahah.

  • suka dengan kata-kata baru.

Pernahkah kalian membaca quote dari dinding wall social media?. Jika pernah, pasti seketika kalian pernah mengatakan bahwa quote tersebut keren. Dan kalian pura-pura senyum-senyum sendiri ketika kata-kata kutipan wall itu memang mengena dengan kenyataan hidup kalian, apalagi bagi para jomblo. Hahahahah . sori-sori, kata-kataku gak semanis jambu.

  • katanya penulis itu romantis

katanya penulis itu romantis. Hah, itukan katanya. Belum tentu kata saya seperti itu. Ya, bisa juga sih sebenarnya jika itu dikaitkan dengan keromantisan. Penulis kan memang suka dengan bahasa yang tidak biasa dan sukanya mungkin bahasa yang luar biasa. Ini bisa terjadi pada siapa saja. Terlebih hal ini bisa terjadi dengan saya. Karena saya menulis butuh waktu yang lama untuk mencari ide. Gunannya ya biar lebih ceplas-ceplos aja. Biar kena ke hati kamu.

  • kepribadian ganda. heheheh

Pasti banyak yang kesal jika saya mengatakan poin no 4 ini merupakan poin yang riskan dengan memancing keributan penulis lain. Hahahahaha. Contohnya saja penulis cerita romantic, padahal dia saja masih jomblo, adalagi penulis yang baru putus cinta, tapi dia sedang mengeluarkan buku tentang bagaimana caranya menjaga kelanggengan hubungan. Yah, memang penulis bisa dikategorikan bermuka dua juga bisa. Karena kenyataan selalu berbeda dengan realita. Hahah, kalau salah menurut anda, yah beginilah dunia kita. Dimana pendapat penulis tidak selalu sama.

Udah segitu aja dulu, jangan banyak banyak baca tulisan saya, nanti kamu kekenyangan. Karena ciri-ciri penulis yang satu lagi menurut saya adalah, ketika penulis blank. Maka dia akan melakukan jurus kata penutup seperti saya ini. Semoga kalian menjadi pembaca yang berbudi luhur. Hahahahhaah.

Terima kasih. Wassalam.

Medan, 16 oktober 2018

Faisal fm

Hobi Buat Lubang

Ini bukan endorse , ini cuman sedikit mengulas sebuah mesin bor tangan 10 mm yang menurut saya reccomended buat kalian yang hobi buat lubang di dinding beton, kayu, besi, dan bisa juga sebagai impact kecil-kecilan.

Alat ini bemerk ingco made in china , menurut saya bor listrik ini cukup handal dalam perkara membuat lubang. Saya diberi tahu oleh seorang rekan perkakas yang paham dengan seluk-beluk lubang-melubangi.

Awalnya saya ragu dengan merk ingco ini. Tapi sudah beberapa lama saya pakai, yah kisaran 2 bulan awet-awet saja kok.

Kalau berbicara tampilan. Ingco mengeluarkan produk bor yang cukup menarik dari segi paduan warna. Bagaimana tidak?. Hitam dan kuning merupakan kombinasi warna yang sangat manis menurut saya untuk sebuah mesin bor dril.

Bukan hanya dari tampilan luarnya saja. Namun, mesin ini dibekali fasilitas yang lumayan padat. Salah satunya adalah fasilitas bor bolak-balik. Sehingga memudahkan pengguna ingco untuk mengatur tahap demi tahap pekerjaannya menggunakan alat ini.

Kalau dari segi harga yah lumayan murah, hanya 350 ribuan, sudah termasuk bonus mata bor kayu dan besi. Masing-masing sepasang dengan ukuran 6mm.

Garansi dari bor tangan merk ingco ini selama satu tahun lamanya. Berlaku untuk kerusakan mesin dari bor itu sendiri

Bagi saya, alat ini lumayan berat. Tapi balik lagi dari segi kenyamanan. Yah ini merupakan alat yang lumayan nyaman ketika dioprasikan dengan baik dan benar. Sesuai dengan panduan dibuku petunjuk.

Mata bor ini lumayan kokok kalau hanya untuk melubangi dinding , baja, besi, kayu dll. Tenaga yang dihasilkanpun sangat besar untuk kapasitas 500 watt.

Saya rasa cukup sekian ulasannya.

Semoga bermanfaat😇

link bor ingco

tes

Faisal Fm

Manusia Baik Itu Tidak Berbau

Dokumen Faisal Fm

Air yang baik itu tidak berbau

Orang-orang Indonesia pasti sangat populer sekali dengan yang namanya parfume. Iklim yang berubah-ubah, membuat tubuh orang Indonesia terkadang berkeringat dan terkadang tidak. Hal ini membuat bau badan selalu menghampiri disela-sela tubuh orang Indonesia. Ketiak /ketek merupakan area rawan bau, daerah itu merupakan tempat yang selalu menjadi biang masalah bau keringat yang membandel.

Deodorant, body spray, bedak tabur, merupakan salah satu penangkal sebagai cara orang-orang di Indonesia untuk menghilangkan bau badannya. Tak heran jika bepergian kemanapun kita. Pasti hidung selalu mengendus wewangian orang lain yang bermacam ragam. Ada yang bau busuk, anyir, wangi. Pokoknya bau orang indonesia beraneka ragam seperti banyaknya suku dan pulau kita. Heheheh.

Bagi saya, keperluan memakai wewangian hanya sebatas daerah ketiak saja. Mengapa demikian?, saya tidak mau memakai wewangian tambahan. Alasannya cukup jelas. Karena, belum tentu semua orang suka dengan tipe parfum yang kita pilih. Serba salah merupakan kalimat saya terakhir dan akhirnya diputuskan untuk memakai deodorant saja. Selesai perkara.

Sebagian orang, memakai deodorant dan parfume merupakan hal yang wajib untuk menambah kesan wangi. Bagi saya tidak demikian. Cara saya merupakan pemikiran yang sederhana, yaitu.

Asal anda tidak mencium bau tidak sedap

Asal anda tidak mencium bau harum

Asal anda tidak mencium wangi menyengat

Saya sudah merasa bersih.

Bagi saya, tidak berbau apapun sudah cukup. Aman, nyaman, tentram.


Wangi Yang Menyengat

Hati-hati memakai parfume. Banyak rekan sekeliling kita, belum tentu nyaman dengan parfume yang kita gunakan. Ada saja yang merasa mual, pening, sakit kepala ketika mencium aroma wangi-wangian yang menurut mereka menyengat. Apalagi ketika anda sedang berada didalam kendaraan umum ditengah panas terik dan kemacetan, dibumbui dengan orang yang berdesakan. Pastilah bau harum tersebut mengganggu sebagian orang yang berada didekat anda.

Segera, hilangkan bau apapun dari badan anda.

Karena manusia yang tidak berbau, merupakan manusia bersih. Kata kata saya aja itu


Bau Badan

Bagi orang yang tidak peduli dengan bau badannya, siap-siap bakal dijauhi perlahan. Sebab banyak orang yang tidak suka dengan bau badan anda. Bayangkan jika anda berada duduk berdekatan dengan orang yang gak pernah mandi. Wiiiiiiiiiihhhh , pasti enak rasa-rasanya. Yakan?.

Bau badan sangat mengganggu sekali, banyak orang yang akan menyangka anda dengan prasangka yang diluar batas imajinasi anda. Silahkan mandi dan beli minyak wangi.


Jadilah seperti air dari mata air pegunungan, tidak berbaunya saja.

Manusia yang wangi, manusia yang bau merupakan dua pilihan untuk anda. Jika saya ditanya, maka saya akan menjawab “saya tidak wangi harum, saya tidak berbau”. Jika.

Cuci pakaian yang anda kenakan dengan bersih, mandi merupakan faktor pendukung juga. Buat orang disekeliling anda merasa aman, jangan membuat orang disekeliling anda merasa tidak nyaman. Dampak yang demikian sangat berefek dalam jangka panjang.

Salam, faisal fm

Follow Your Heart

Dokumen faisal fm
Dokumen faisal fm

Jangan biarkan nafsu mengendalikanmu

Semenjak usia kanak-kanak, saya sering diarahkan oleh orang tua untuk belajar. Baik belajar disekolah ataupun dirumah. Masa kecil saya tidak begitu indah. Pukulan , cambukan, tamparan, jewer sudah sering saya rasakan, apalagi dari tangan ibu saya langsung.

Orang tua yang baik menurut saya adalah orang tua yang mampu mendidik anak-anaknya menjadi kuat mental. Fisik tidak menjadi anjuran kekerasan dikeluarga kami. Tapi tetap diperlukan apalagi mengingat kelakuan anak seperti saya dulu tidak selalu elok perangainya.

Pukulan Kejam Yang Membekas

Bagi saya sendiri. Kemarahan ibu yang memuncak dengan mendaratkan tangannya kepipi saya sangat membekas. Mengapa?, sesuatu yang keras itu sangat membekas bagi saya, apalagi saat saya sudah beranjak dewasa dan merasakan kehidupan.

Teringat diri saya saat masih masa kanak-kanak yang selalu dimarahi. Bukan tanpa sebab, kesalahan yang saya buat kala itu sangat memalukan keluarga. sudahlah ini aib aku sebagai anak nakal. Maklum kan saja.

Mengikuti kata hati

Tidak selamanya naluri anak kecil baik dan benar. Banyak yang meski diarahkan agar tidak salah sasaran. Sejak kecil harus dibiasakan mengawasi anak dan memantaunya sampai dewasa.

Jangan biarkan anak mengikuti kata hatinya yang akan menjadikannya petualang sejati tanpa melibatkan keluarga yang dapat berpengaruh baik bagi dirinya.

Dokumen faisal fm
Dokumen faisal fm

Saya di didik oleh ayah dengan baik. Ayah tidak pernah memukul saya sedikitpun. Jika marah, beliau hanya menatap dalam dan diam. Saya kala itu hanya merespon takut dan diam saja. Beda dengan ibu yang selalu membentak dan memukul. Memang orang tua merupakan guru paling bermutu bagi saya sendiri.

Salam hangat buat ayah dan ibu.


Ibu

Maafkan anakmu ini

Salah dosa selalu kubuat dan ulangi

Ketika dewasa baru terasa sakit mu dihati

Kala itu aku hanya anak yang masih berani

Ketakutan hanya jika berhadapan dengan tali

Kau cambuk,kejar , tampar, maki

Itulah aku yang masih kecil nan suci

Perlu kiblat agar tinggi dan berbakti

Maafkan kenakalan anakmu ini.

Dokumen faisal fm
Dokumen faisal fm

Find me on

my twitter

Oleh faisal fm