Filsafat Musik

Filsafat musik merupakan sebuah cabang seni olah suara. Masih banyak lagi seni menurut cara menghasilkan karya seni itu sendiri. Baik dari segi seni rupa, dan seni gerak. Musik secara filsafat bisa juga diarahkan menjadi pedoman manusia karena syairnya yang berisi pesan, perintah, dan isyarat tertentu. Bahkan belakangan ini banyak orang yang mengolah kemampuan seninya dengan memanfaatkan kecanggihan peralatan instrumen seadanya diera perkembangan digital sekarang ini. Dimana nilai-nilai keindahan kualitas seni itu sendiri dikesampingkan.

Musik berguna bukan hanya bagi kalangan seniman dan kalangan penikmat seni yang tidak seberapa jumlahnya. Musik juga bisa digunakan sebagai bahan pendidikan, politik, kenegaraan, hiburan bahkan sampai kesehatan. Tentunya kita bisa berfikir sejauh kemampuan kita mengolah rasa untuk mempertanyakan kenapa musik bisa mempengaruhi semua tatanan sosial. Maka jawabannya juga pasti mudah. Yaitu karena musik dibuat oleh seniman dengan racikan curahan kekuatan perasaan dan bathin yang digambarkan melalui gerak rentetan melodi dan ritem yang diatur untuk menghasilkan suara yang mampu menghipnotis telinga siapapun. Bagi yang tidak suka musik, ini hanya bagian selera saja. Mungkin dia masih “kenyang” musik, tunggu saja jika dia lapar.

Seni musik secara filsafat bisa dibilang sebagai salah satu seni yang tidak bisa punah. Bayangkan bagaimana musik bisa punah?. Ini merupakan hal yang cukup mustahil menurut saya. Bagaimana mungkin musik bisa punah oleh beberapa perkembangan zaman. Tapi, jika ditanya selera, lagi-lagi hal ini tentu berbeda dari satu dan yang lainnya. Musik era 80an mungkin bisa tidak dipandang bagi sebagian kalangan yang hidup di era sekarang. Namun, ada juga sebagian manusia yang masih bisa dijadikan saksi kejayaan nilai seni itu sendiri.

Medan, 15 oct 2018

Faisal fm

Iklan

6 tanggapan untuk “Filsafat Musik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s